DEFINISI AKUNTANSI MENURUT ASOBAT,AICPA DAN APB

Keberadaan suatu perusahaan bergantung pada transaksi - transaksi yang dilakukannya. Perusahaan yang baik akan merencanakan dan memperhitungkan serta mampu menjaga keberadaanya, bahkan akan mendapatkan pertumbuhan usaha yang baik. Bagaimana mungkin perusahaan dapat melakukan perencanaan dan perhitungan transasksi dengan baik kalalu tidak ada suatu sistem pencatatan dan pelaporan yang sistematis tentang transaksi - transaksi yang telah dilakukan perusahaan di waktu sebelumnya ?
Perusahaan sangat membutuhkan suatu sistem yang mengatur bagaimana transaksi -transaksi harus dilakukan pencatatan yang sistematis sehingga didapatkan laporan yang mampu memberikan  gambran prospek perusahaan dimasa yang akan datang. Sistem yang mengatur pencatatan transaksi - transaksi yang telah dilakukan perusahaan hingga penyusunan laporan dampak keuangan akan transaksi itu yang disebut akuntansi keuangan.
Pendefinisian akuntansi keungan oleh para profesional , akademisi dan asosisai - asosiasi tentu akan dilakukan berdasarkan sudut pandag dan pemahaman yang berbeda -beda. Perbedaan sudut pandang dan pemahaman terhadap akuntansi keungan telah banyak melahirkan variasi definisi akuntansi keuangan.

A Statement of Basic Accounting Theory (ASOBAT) mendefinisikan akuntansi sebagai proses menfinisikan, mengukur, dan menyampaikan informasi ekonomi sebagai bahan informasi dalam hal mempertimbangkan  berbagai alternatif dalam pengambilan keputusan.
American Institute of Certified Public Accounting (AICPA) mendifinisikan akuntansi sebagai suatu seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dan dalam ukuran moneter transaksi dan kejadian - kejadian yang umumnya bersifat keuangan dan termasuk menafsirkan hasil - hasilnya.
Accounting Principle Board (APB) mendefinisikan akuntansi sebagai suatu kegiatan jasa yang fungsinya adalah memberikan informasi kuantitatif umumnya dalam ukuran uang mengenai suatu badan ekonomi yang dimaksudkan untk digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi sebagai dasar memilih beberapa alternatif.

 Syafri Harahap mengatakan bahwa akuntansi itu suatu akronim yang kalau dijabarkan dalam bentuk
definisi yaitu akuntansi adalah menyangkut Angka - angka yang akan dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan, angka - angka itu menyangkut Uang atau Nilai moneter yang menggambarkan catatan dari Transaksi perusahaan. Angka - angka itu dapat dianalisis lebih lanjut , ia bersifat Netral kepada semua pemakai laporan, ada unsur seninya karena berbagai alternatif yang bisa dipilih serta ia merupakan informasi yang sangat diperlukan untuk pengambilan keputusan.
  

SHARE THIS

Author: Seorang penulis pemula yang ingin sharing ilmu bersama - sama dan belajar bersama - sama untuk mata kuliah akuntansi

0 comments: